Koordinat dalam AutoCAD – 3D

Jumat, 24 Maret 2017

Koordinat dalam AutoCAD – 3D


ž  Cartesian
          Menentukan koordinat dengan berpedoman pada sumbu-sumbu  X, Y, Z.  (X,Y,Z). Yaitu :
                command : line
                from Point : 3.1,3,0
                To point : 2,0.5,3
                To point : enter
ž  Spherical
        Menentukan koordinat suatu titik dengan cara menggabungkan jarak, sudut dan koordinat Z. (jarak)<(sudut),(Z). Yaitu :
                command : line
                from Point : 4.5<44.0
                To point : 2.1<14,3
                To point : enter
ž  Cylindrical
        Menentukan koordinat suatu titik dengan cara menggabungkan jarak, sudut, sudut. (jarak)<(sudut)<(sudut). Yaitu :
                command : line
                from Point : 4.5<44<0
                To point : 3.6<14<56
                To point : enter


SOLID

  • Bentuk Dasar Membuat Solid Box




 Option Center, dipakai untuk menentukan letak titik pusat yang berada didalam box dan secara deafault berada dibidang X-Y dan bidang datar yang dibentuk pertama kali juga akan sejajar dengan arah bidang X-Y dari UCS yang aktif saat itu.

Option Cube, option ini tampil pada pernyataan cube/length <other corner> :  dapat dipakai untuk membentuk box yang panjang rusuknya sama semua.

Option Length, option ini tampil pada pernyataan cube/length <other corner> :  dapat dipakai untuk membuat box dengan cara menentukan panjang rusuk (length) yang searah dengan sumbu X dari icon UCS yang aktif saat itu. 
Kemudian akan tampil berturut-turut pernyataan width, dan height : untuk menentukan lebar dan tingginya.


  •  Bentuk Dasar Membuat Solid Wedge


Option Center, dipakai untuk menentukan letak titik pusat yang berada didalam wedge dan secara deafault berada dibidang X-Y dan bidang datar yang dibentuk pertama kali juga akan sejajar dengan arah bidang X-Y dari UCS yang aktif saat itu.
Option Cube, option ini tampil pada pernyataan cube/length <other corner> :  dapat dipakai untuk membentuk wedge dengan rusuk-rusuk yang membatasi kedua bidang yang bertemu tegak lurus akan mempunyai panjang yang sama semua. 
Option Length, option ini tampil pada pernyataan cube/length <other corner> :  dapat dipakai untuk membuat wedge dengan cara menentukan panjang rusuk (length) yang searah dengan sumbu X dari icon UCS yang aktif saat itu. Kemudian akan tampil berturut-turut pernyataan width, dan height : untuk menentukan lebar dan tingginya.











  • Bentuk Dasar Membuat Solid Cylinder


Option Height, Elliptical/<center point> <0,0,0> : pertama tentukan letak titik pusat bidang dasar dari silinder. Diameter/ <Radius> : tentukan nilai diameter/radius dari silinder. Center of other end/ <Height> : tentukan nilai ketinggian silinder, atau letak titik pusat bidang datar sisi lainnya yang membatasi silinder.
Option Center of other end, Option ini dipakai untuk menentukan letak titik pusat dari bidang datar kedua titik G. Sedangkan prompt untuk titik pusat bidang dasar silinder beserta diameter atau radiusnya sama seperti prompt untuk membuat cylinder solid dengan option Height.


  • Bentuk Dasar Membuat Solid Cylinder – Ellipse



Option Elliptical, option ini tampil pada prompt pertama dipakai untuk membuat dasar dan batas bidang datar lainnya berbentuk elips, dan urutan membuat eliips sama seperti pemakaian perintah Ellipse sebagai berikut :

Elliptical/<center point> <0,0,0> : e, dipilih Elliptical. 
Center/ <Axis endpoint> : Pilih titik 1. 
Axis Endpoint 2 : Pilih titik 2.
Other Axis Distance : Tentukan nilai untuk diameter atau radius dari silinder dengan bentuk ellips. 
Center of other end/ <Heigh>: Tentukan nilai ketinggian silinder denga bentuk ellips, atau pilih option untuk menentukan letak titik pusat bidang datar pembatas kedua.

Option Center, option ini tampil pada prompt kedua yaitu center/ <Axis endpoint> : dipakai untuk menentukan letak titik pusat seperti pengertian pada option center dari pembentukan silinder.

Option Center of other end, Option tampil pada prompt terakhir yaitu center of other end/ <Height> : dipakai untuk menentukan letak titik pusat dari bidang datar sebagai pembatas kedua. 




0 komentar :

Posting Komentar