MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN AutoCAD 2007

Rabu, 22 Maret 2017

MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN AutoCAD 2007


Menggambar adalah kegiatan kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.

Menggambar sedikit dibedakan dengan kegiatan melukis, di mana penggunaan pigmen dicampurkan ke dalam medium cair dan diaplikasi dengan kuas. Hasil teknik sketsa hampir mirip dengan menggambar, yang tentunya dalam bidang yang berbeda, yaitu cetakDengan kata lain kegiatan menggambar berusaha menampilkan seluruh teknik yang dimiliki juru gambar sebaik-baiknya. Hal sebaliknya terjadi di dalam lukisan.














Elemen-elemen pada AutoCAD 2007
























Koordinat dalam AutoCAD

  • Kartesius
          Adalah sistem koordinat yang digunakan untuk meletakkan titik untuk penggambran objek berdasarkan pemasukan nilai X dan Y. Kartesius 2 Dimensi (2D) menggunakan dua ruas garis yang disebut sumbu (X,Y). Kedua sumbu ini saling berpotongan di satu titik yang disebut titik asal (0,0). Dalam AutoCAD titik ini terletak pada sudut kiri bawah layar, dengan nilai positif ke arah kanan untuk sumbu X dan nilai positif ke atas untuk sumbu Y. 

Dalam menentukan pemasukan nilai menggunakan prinsip koordinat kartesius 2D adalah dengan menggunakan besar atau jarak penempatan X dan Y yang dalam aplikasinya kedua nilai tersebut dipisahkan dengan tanda koma.  

Contoh kita akan membuat sebuah garis dengan titik penempatan dari koordinat  200,100 dan berakhir pada 400,200. Perhatikan gambar dibawah untuk tampilan hasil pembuatan garis, instruksi pengerjaan pembuatan garis dengan comman LINE. Dapat menggunakan tombol Line pada ToolBar atau dengan menuliskan secara langsung LINE pada commandLine :

Diagram Kartesius
Diagram Kartesius

Command : LINE
Specify first point : 200,100
Specify next point or [Undo] : 400,200
Specify next point or [Undo] : (Enter)



  • Polar
      Polar adalah sistem koordinat yang dipergunakan untuk menentukan  titik koordinat berikutnya dari titik koordinat saat ini dengan memasukan nilai jarak penempatan dan arah (sudut) penempatan. Disini koordinat polar dipergunakan untuk menentukan titik dalam membuat objek dengan pemasukan jarak yang presisi. Format penulisan :

@jarak<sudut, dimana :
ü  Tanda @ mutlak diberikan ketika ingin memberikan koordinat polar.
ü  Nilai jarak adalah panjang penempatan titik (garis) yang akan dibuat dari titik sekarang.
ü  Nilai Sudut sebagai penentu arah. 
                    

Contoh pembutan 3 garis dimulai dari titik (100,100), garis pertama akan dibuat sebesar 300 ke arah kanan (0°), kemudian dilajutklan dengan garis kedua yaitu sebesar 200 kearah atas (90°) dan terakhir adalah garis ketiga sebesar 200 kearah barat laut (135°). Perhatikan gambar berikut :

Diagram Sudut



Diagram Polar


Command : LINE
Specify first point : 100,100
Specify next point or [Undo] : @300<0
Specify next point or [Undo] : @200<90
Specify next point or [Undo] : @200<135
Specify next point or [Undo] : (Enter)



  • Relatif
         Adalah sistem koordinat yang dipergunakan untuk menetukan titik berikutnya berdasarkan pemasukan jarak panjang (X) dan lebar (Y).

Contoh pembuatan sebuah garis yang dimulai dari titik 100,100. untuk titik beriknya ditentukan dengan  memasukkan nilai secara positif , yaitu  panjang 300 dan lebar 200.

Diagram Relatif


Command : LINE
Specify first point : 100,100
Specify next point or [Undo] : @300,200
Specify next point or [Undo] : (Enter)








0 komentar :

Posting Komentar